Keindahan Goa Maharani Lamongan

Goa MaharaniGoa Maharani adalah salah satu tempat wisata yang ada di Lamongan. Lokasi Goa Maharani berhadapan dengan Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang terletak di seberang jalan, tepatnya berada di kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Goa Maharani berada di kedalaman 25 M dari permukaan tanah dan memiliki rongga seluas 2500 m2. Goa yang terkenal sebagai Goa Istana Maharani ini ditemukan oleh 6 penggali tanah coral bahan fosfat dan pupuk dolomit yaitu Sugeng dan kawan – kawan dengan mandor Sunyoto pada tanggal 6 Agustus 1992. Dan diresmikan oleh Bupati Lamongan saat itu, Bapak Muh. Faried, sebagai obyek wisata pada tanggal 10 Maret 1994.

Nama maharani lahir dari mimpinya istri Sunyoto, sang mandor. Malam sebelum ditemukannya goa, dia bermimpi melihat cahaya bunga – bunga yang sangat indah berwarna – warni yang di jaga oleh dua ekor naga raksasa bermahkota. Dua ekor naga tersebut kini divisualisasikan berbentuk dua patung naga dengan dua burung garuda penjaga pintu masuk gua yang disebut Gerbang Paksi Tatsoko.

Di dalam Goa memang terdapat stalaktit – stalagmit yang menyerupai singgasana Maharaja, flora dan fauna,.. yang sangat indah bersinar – sinar seperti mutu manikam intan baiduri. Dari tetesan air bebatuan gamping yang menyerupai karang sejak jutaan tahun yang lalu secara alami endapannya mengkristal membentuk berbagai perwujudan yang sangat mengagumkan. Sungguh merupakan keajaiban dunia tanda Kebesaran Tuhan.

Goa Maharani merupakan goa dengan keindahan alam yang unik daripada goa wisata lain. Hal ini dilihat dari stalagtit dan talagmit di goa ini masih bertumbuh dan memancarkan cahaya warna-warni saat terkena cahaya. Karenanya, layaknya goa Maharani ini disejajarkan dengan goa Altamira di Spanyol. Goa Mamonth di Amerika Serikat dan goa Carlsbad di Perancis.